Forum BUMDes/BUMDesma, Membangun Kemandirian Ekonomi Desa

Temanggung, MediaCenter-Bupati Temanggung HM Al Khadziq memberikan pengarahan pada acara Rapat Direktur BUMDes/BUMDesma se-Kabupaten Temanggung dengan tema Membangun Kemandirian Ekonomi Desa di Gedung Makukuhan, Desa/Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Rabu (24/8/2022).

Hadir dalam acara ini, Kepala Dipermades Gema Aristi beserta jajarannya, perwakilan dari perbankan, perwakilan penyelenggara , Prasetyo dari BUMDes Candimulyo, peserta dan tamu undangan.

Bupati HM Al Khadziq menyampaikan, bahwa di Kabupaten Temanggung ada 266 desa, maka forum BUMDes/BUMDesma harus ditata ulang dan kepengurusan harus aspiratif, ditunjuk, serta diputuskan oleh mayoritas BUMDes/BUMDesma di Kabupaten Temanggung.

"Keanggotaannya belum lengkap, karena yang hadir tidak lebih 100 peserta, belum ada separuh, lebih banyak yang tidak hadir daripada yang hadir. Kalau ini akan menjadi satu-satunya forum BUMDes di Kabupaten Temanggung, tentu kita tidak berharap BUMDes ini terpecah-pecah berbagai forum, dan kalau tidak melibatkan mayoritas BUMDes dalam memutuskan kepengurusan, maka semangatnya berkurang dan kepesertaan berkurang," katanya. 

Memang penting ada forum BUMDes dengan tujuan untuk tukar menukar informasi, saling membantu pembenahan manajemen, dan jaringan pasar.

"Hari ini akan merumuskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, pasti di AD ART ada tata cara pemilihan pengurusan, maka itu bisa dipakai, dilaksanakan untuk penyusunan organisasi, kepengurusan yang disusun dengan suara terbanyak, itu yang harus diterima," tegasnya.

Bupati dalam akhir pengarahannya menegaskan, BUMDes harus kerja keras, terbuka, inovatif dan punya jiwa kewirausahaan. Hal ini akan menjadikan BUMDes muncul sebagai pelaku usaha di desa yang mandiri dan kuat.

"Kita harus terus berupaya BUMDes di Kabupaten Temanggung ini naik kelas. Selamat bermusyawarah, mari kita tata bersama forum BUMDes di Kabupaten Temanggung agar semakin besar, melibatkan semua BUMDes yang ada di Kabupaten Temanggung, demokratis, dan bersama-sama membangun diri menuju BUMDes yang mandiri dan menguntungkan," pungkasnya.

 

Sumber : https://mediacenter.temanggungkab.go.id/berita/detail/forum-bumdesbumdesma-membangun-kemandirian-ekonomi-desa